BerandaBeritaWisata Ekowisata Sukacinta Terlihat Sepi, Akibat Terhenti Pengelolaannya,

Wisata Ekowisata Sukacinta Terlihat Sepi, Akibat Terhenti Pengelolaannya,

TRISULA.ORG

MUSI RAWAS ~ Salah satunya objek wisata di Desa Sukorejo, Kecamatan STL Ulu Terawas, yakni wisata Ekowisata Sukacinta saat ini terlihat sepi. Adapun di wisata tersebut terdapat dua air terjun.

Setelah dibuka lebih dari setahun yang lalu, wisata tersebut diduga terhenti pengelolaannya lantaran terdapat ketidak sepahaman antara pihak pengelola wisata dengan pihak pengelola hutan.

Wito Ketua Karang Taruna Desa Sukorejo mengatakan, ia berencana melanjutkan program tersebut setelah sebelumnya dijalankan karang taruna sebelumnya.

Dikatakannya, selama ini terdapat ketidak cocokan antara Karang Taruna Desa dengan pihak Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS).

“LPHD dan KUPS terlalu ikut campur,” ujarnya.

Ia merasa percuma dengan adanya pengelola dari karang taruna, karena dirasa LPHD dab KUPS baginya terlalu mengatur.

Dimana menurutnya LPHD merupakan yang memiliki wilayah, seharusnya LPHD hanya mengetahui. Terlebih KUPS yang menurutnya hanya mengelola dari hasil hutan, bukan tempat wisata.

“Ikut campur mengelola tanpa koordinasi dengan pihak karang taruna desa, kami merasa tidak ada wewenang sama sekali,” ucapnya.

Lebih lanjut, hadirnya Hutan Kita Institute (HaKI) pada 2020 ke tempat wisata tersebut untuk menanam modal menurutnya pihaknya tidak dilibatkan. Dan juga pihaknya tidak mengetahui dengan rencana penanaman modal tersebut.

“Ngomong saja, artinya modal sudah masuk tapi tidak ada keterbukaan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua LPHD hingga saat ini belum ada tanggapan setelah mencoba dihubungi lewat panggilan telepon. (Prb)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA