BerandaBeritaWagub Jabar Tinjau Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Leuwikeris

Wagub Jabar Tinjau Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Leuwikeris

TRISULA.ORG |KAB. TASIKMALAYA –  Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum berkunjung ke Proyek Strategis Nasional Bendungan Leuwikeris , Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (12/09/2021).

Turut hadir PPK Proyek Strategis Nasional Bendungan Leuwikeris Hendra Utama, ST.,MT, Kontraktor Pelaksana PP-BBN KSO, Ketua Umum Leuwikeris Hejo, Ketua Taruna Mukti, Tim BARHU dan Humas Leuwikeris, dengan Prokes yang ketat, dan APD yang lengkap digunakan dilokasi tersebut.

Lebih lanjut Hendra Utama, ST.,MT menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Wagub Jawa Barat dan jajaran yang sudah hadir mengunjungi Proyek Strategis Nasional Bendungan Leuwikeris, kami ucapkan terimakasih, ujarnya.

Bendungan Leuwikeris memiliki luas genangan seluas 242 hektare dengan volume tampungan sebesar 81,44 juta meter kubik. “Bendungan ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko banjir serta memiliki potensi pariwisata dan sumber tenaga listrik hingga 20 MW”, terang Hendra.

Kehadiran Wagub bertujuan untuk meninjau progres pelaksanaan Proyek Bendungan Leuwikeris yang saat ini sudah mencapai kurang lebih 78% serta memastikan ke pihak pelaksana atas terselesainya proyek tersebut pada pertengahan tahun 2023.
Kang Uu mengatakan, saya ucapkan terimakasih dan selamat bagi semua pihak yang terlibat dalam Proyek Nasional Bendungan Leuwikeris ini, “semoga keberadaan bendungan ini sesuai dengan tujuan pembangunannya yaitu untuk mencukupi kebutuhan air baik untuk pertanian, sumber energi maupun pariwisata.” ujar Kang Uu.

Kehadiran Bendungan Leuwikeris juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional pascapandemi.

Lebih lanjut Wagub juga memberikan dukungan terhadap program restorasi lahan dan penghijauan yg dilakukan oleh perkumpulan sosial dan pemerhati kelestarian alam Leuwikeris Hejo yang bekerjasama dengan mitra pupuk Taruna Mukti. Berharap kegiatan tersebut mampu memberikan dampak juga terhadap kesejahteraan warga sekitar bendungan. Terakhir, Wagub berpesan agar Leuwikeris Hejo juga bisa menggaet kerja sama dengan petani milenial dan juga Santani (Santri Tani) dalam kegiatan penghijauan tersebut sehingga banyak pihak yang diberdayakan dengan tetap menjaga kondusifitas terhadap kegiatan itu.

Selain menjaga ekosistem, pohon yang ditanam juga akan meneduhi tempat kita tinggal.
Terkait, pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini, bahwa bendungan akan bermanfaat dan membawa maslahat yang besar bagi warga. Pasalnya Bendungan Leuwikeris juga mengalir untuk mengairi lahan pertanian di sebagian wilayah.

Kang Uu juga memperkenalkan kelompok Santri Tani (Santani) Jabar Juara di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda Al Ruzhan, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, berharap hal itu menjadi motivasi bagi para santri di seluruh Jabar agar bisa bertani, gerakan Santani juga dilakukan untuk mendorong kemandirian pesantren dari sisi ekonomi sehingga pesantren bisa membiayai kebutuhan operasionalnya tidak hanya mengandalkan sumbangan para dermawan, tambahnya.

Dr. Edy Suroso, S.E., M.Si. sebagai Ketua Umum Leuwikeris Hejo pada kesempatan itu memaparkan secara singkat dan jelas kepada Wagub tentang program restorasi lahan dan penghijauan yang akan dilaksanakan di Bendungan leuwikeris dengan tujuan utama untuk kelestarian alam dan ketangguhan ekologi untuk kemandirian ekonomi. Dukungan yang diberikan Wagub menjadi tambahan motivasi untuk kesuksesan program ini, pungkas Dr. Edy.

Uus Permana sapaan akrabnya menambahkan. Puji sukur kehadirat illahi robbi atas berkat dan karunianya, kami kelompok taruna mukti tangguh mandiri yang bergerak di bidang pengolahan limbah kotoran sapi yang selama ini di buang ke sungai DAS Citarum dan menjadi penyebab pendangkalan sungai, yang tidak mengenal musim kami coba mengolah dari kotoran hewan limbah menjadi pupuk organik yang bersertipikat dengan nama produk pupuk Kosa Plus, dengan bangga kami berterimakasih kepada pihan Leuwikeris Hejo telah diajak berkolaborasi dalam restorasi lahan di bendungan leuwi keris, sebagai bentuk dukungan dalam keberhasilan program Citarum Harum menjadi motivasi kami untuk turut serta mensukseskan dan program Leuwi keris hejo, paparnya.

Rahmat Syah, S.T, sebagai Humas Bendungan Leuwikeris, menambahkan terimakasih untuk semua pihak terutama Pak Wagub Jabar, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan untuk meninjau area Bendungan Leuwikeris tersebut, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan semua pihak tetap turut membantu terhadap kelancaran pelaksanaan Proyek Nasional ini, tutupnya.(Red/Mart)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA