BerandaBerita“TUNAS HARAPAN PLANTS” Budidaya Tanaman Hias di Desa Malatisuka – Gunungtanjung

“TUNAS HARAPAN PLANTS” Budidaya Tanaman Hias di Desa Malatisuka – Gunungtanjung

TRISULA.ORG ~ Pengembangan rumah naungan tanaman hias atau shading house masih terus dilakukan. Terutama dari sisi tata letak tanaman yang masih belum dipadupadankan agar terlihat lebih elok. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata tanaman hias, misalnya, dengan menyeragamkan berdasarkan jenis tanaman, warna, ukuran maupun ketinggian tanaman. Sekilas memang pekerjaan yang terlihat mudah, namun bisa membawa dampak besar secara visual.

 

Patriot Desa bersama dengan istri dan anak Pak Abas, bekerja sama menata tanaman miana yang memang memiliki warna sangat beragam. Posisinya pun kami ubah untuk diletakkan didepan rumah naungan karena ukurannya yang lebih kecil. Beberapa miana yang sudah tumbuh besar dan siap jual, kami pindahkan ke area lain. Begitu juga dengan tanaman gantung, anggrek, tanduk rusa dan bonsai kami tata agar terlihat lebih menarik.

Peningkatan kapasitas lain yang dilakukan adalah dengan pengetahuan mengenai media tanam. Selama ini, media tanam yang digunakan hanya tanah yang diambil dari sekitar rumah Pak Abas dan mungkin ini menjadi salah satu penyebab beberapa tanaman terhambat pertumbuhannya. Tanaman dengan tanah yang sudah mengeras kami ganti media tanamnya menjadi campuran tanah dan sekam.

Kami menggunakan sekam karena mudah didapat dari beberapa penggilingan padi di desa.

Hasil Penataan Koleksi Bonsai

Selain penataan tanaman hias, Patriot Desa juga mencoba melakukan pendampingan untuk branding nurseri tanaman “Tunas Harapan Plants” dengan menambahkan titik lokasi pada Google Maps. Lokasi nurseri tanaman yang berada di daerah blankspot merupakan salah satu tantangan dari segi akses pasar, terutama pasar online atau sekedar memasarkan tanaman untuk warga lokal melalui status whatsapp. Kedepannya, dengan menambahkan titik lokasi pada Google Maps memungkinkan target konsumen dapat mencari lokasi nurseri “Tunas Harapan Plants” .

Hasil Penataan Koleksi Miana / Jawer Kotok

Potensi tanaman hias lain yang dimiliki hutan sekitar Desa Malatisuka adalah tanaman anggrek hutan. Di Kampung Cibuluh, Dusun Sukapura, terdapat beberapa pencari anggrek hutan, salah satunya Bapak Yayat. Koleksi anggreknya berjumlah lebih dari seratus, biasanya beliau jual secara borongan, namun cukup sulit melakukannya, selain karena akses pasar hanya dari mulut ke mulut, medan lokasi Kampung Cibuluh juga terbilang ekstrim, jarang orang yang mau mendatangi lokasi, kecuali warga lokal yang sudah terbiasa. Bapak Yayat menampung anggrek dari beberapa orang. Belum lama ini Bapak Yayat juga membuat rumah naungan untuk anggrek karena sudah tidak cukup untuk digantung di sekitar rumah.

Berbekal sisa paranet dari pembangunan rumah naungan Pak Abas, akhirnya dibangun pula rumah naungan untuk anggrek di rumah Pak Yayat.

Kedepannya Pak Yayat berharap dapat memasarkan anggreknya lebih banyak lagi melalui nurseri tanaman hias milik Pak Abas karena lokasinya yang lebih strategis.

Nantinya anggrek-anggrek yang sudah dewasa dan siap berbunga akan dipindahkan ke nurseri Pak Abas agar peluang akses pemasaran lebih besar.(Red)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA