BerandaBeritaTeh Elin, Perempuan Desa Pelopor Gerakan Kampung Lestari

Teh Elin, Perempuan Desa Pelopor Gerakan Kampung Lestari

TRISULA.ORG|TASIKMALAYA – Dusun Cilenjang, merupakan kadusunan yang dipimpin oleh seorang perempuan, satu-satunya kadus perempuan dari 7 dusun yang ada di desa Campakasari Kec. Bojonggambir Kab Tasikmalaya. Kadus perempuan itu bernama Elin Nurmayati atau biasa dipanggil teh Elin, hari itu Patriot Desa Campakasari, Ina Nabila berdiskusi mengenai potensi dan program unggulan Desa, dan secara tidak sengaja teh Elin membicarakan mengenai bantuan untuk kampung sehat (Citalun) yang berupa Polybag, Bibit dan Pupuk, teh Elin mengatakan, karena jumlahnya banyak, dia ingin meminta pada kades untuk menanam di Cilenjang (memakai media Polybag).

“Untuk merealisasikan ide ini, kami dan patriot Desa berinisiatif untuk membuat sebuah program bernama Kampung lestari, dimana Kp. Cilenjang akan dijadikan sebagai dusun percontohan dengan melakukan Tanam Pekarangan”, ungkap Tee Elin.

Patriot Desa dan penggerak lokal kemudian membeli Polybag dan Bibit untuk ditanam ibu ibu di kampung itu. “Untuk pupuk kami menyarankan agar menggunakan pupuk kandang saja”, lanjutnya, sementara itu, Patriot Desa Campakasari Ina Nabila mengatakan rencananya program Kampung Lestari ini akan dilaksanakan di 3 kampung sekaligus yaitu Kp. Cilenjang, Babakan dan Sindangsari.

“Konsepnya kurang lebih seperti gerakan tanaman pekarangan yang digagas oleh Lembaga Odesa, yaitu menanam pekarangan, untuk saat ini bibit yang akan ditanam adalah sayur-sayuran”, katanya.

Untuk kedepannya lanjut Ina, penggerak lokal akan menanam tanaman obat keluarga (TOGA), “Harapannya dengan konsep menanam pekarangan ini, bukan hanya akan mempercantik tempat, tetapi juga ada nilai tambah bagi masyarakat seperti, bisa menjual hasilnya, atau bisa memasaknya tanpa harus membeli”,pungkasnya.

Program “Kampung lestari” mendapatkan apresiasi dari warga, ibu-ibu tertarik untuk ikut terlibat dalam program itu. Teh Elin mengajak warga untuk ikut serta dalam hal tersebut, karena manfaat yang dirasakan bukan hanya untuk kepala dusun saja, akan tetapi untuk masyarakat yang ada di dusun Cilenjang secara umum.

Program Kampung Lestari ini diharapkan ini bisa menjadi pemicu agar kampung bahkan dusun lain bisa mencontoh Cilenjang.(Red)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA