BerandaBeritaSaluran BPNT E-Warung Kube PKH Kota Lubuk Linggau Diindikasikan Ilegal  

Saluran BPNT E-Warung Kube PKH Kota Lubuk Linggau Diindikasikan Ilegal  

Lubuklinggau – Trisula.Org – Salah satu program dari Kementrian Sosial yakni KUBE Jasa PKH, Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan Yang selanjutnya disebut E-Warung KUBE PKH adalah sarana usaha yang didirikan dan dikelola oleh Kube Jasa sebagai sarana pencairan Bantuan Sosial berupa bahan pangan pokok dan/atau uang tunai secara elektronik, kebutuhan usaha, serta pemasaran hasil produksi anggota KUBE. (Permensos no 25 Tahun 2016 pasal 1 ayat 6). Selanjutnya E-Warung KUBE PKH berfungsi sebagai: a. Tempat menjual baham pangan murah berkualitas dan kebutuhan pokok rumah tangga; b.agen bank penyalur bantuan sosial non tunai; c.te
mpat pemasaran hasil produksi KUBE fan atau; d. Tempat layanan koperasi simpan pinjam.
Pasal 20
ayat 1. Dalam melaksanakan usaha kegiatan E-Warung KUBE PKH ditunjuk Koperasi.
Ayat 2. Koperasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai:
a. Wakil E-Warung KUBE PKH dalam melakukan kerja sama dengan Bank umum milik negara untuk penyaluran sosial.
Ayat 3. Koperasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditunjuk oleh menteri
Ayat 4. Penunjukan koperasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan keputusan Menteri.
Mengutip dari beberapa diktum dalam permensos diatas bahwasanya peran E-Warung KUBE PKH DI KOTA LUBUKLINGGAU TIDAK SESUAI ATAU DENGAN KATA LAIN TIDAK MENTAATI PERMENSOS.

Terdapat barometer ketidaksesuaian antara lain hampir semua E-WARUNG KUBE PKH di buka atau beroperasional pada saat penyuran sembako BPNT saja, tidak ada barang olahan hasil dari kelompok KUBE yg dijual di warung, Pencairan uang bantuan non tunai PKH selalu dilakukan di ATM, tidak pada E-WARUMG KUBE PKH.Dalam hal Penyedia warung perannya hanya sebagai pendamping warung bukan menggantikan peran sebagimana seorang koperasi sesuai permensos.
Menyikapi hal di atas selayaknya seluruh E-WARUNG KUBE PKH DI wilayah Kota Lubuklinggau di hentikan/ dibubarkan, selain tidak mentaati permensos .E-WARUNG KUBE PKH selama ini di indikasikan melakukan penyaluran ilegal.
Awak media mencoba menghubungi Kepala Dinas Sosial Kota Lubuklinggau AH.Ritonga melalui telpon, namun tidak aktif, selanjutnya awak media akan mendatangi pihak Dinas Sosial Kota Lubuklinggau untuk mengkonfirmasikan hal ini.

Reporter : Hendra
Editor : wt
Publisher : Har

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA