BerandaBeritaKetua Taruna Mukti Menjadi Narasumber Bimtek Pengolahan Pupuk Organik di Jambi

Ketua Taruna Mukti Menjadi Narasumber Bimtek Pengolahan Pupuk Organik di Jambi

Trisula.org | Jambi-Dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) petani dan peternak Provinsi Jambi, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Peternakan (DTPHP) Provinsi, Kamis (9/09/2021) bertempat di Sekretariat Kelompok Tani Mekar Jaya Kabupaten Bungo diadakan selama dua hari. Pada hari itu juga kelompok tani mekar jaya melakukan sertipikasi pupuk organik dan alhamdulillah 95 % berhasil tinggal melengkapi sedikit temuan yg diminta perbaikan oleh auditor, semoga dgn sertifikat organik kelompok tersebut bisa lebih meningkatkan penyerapan pasan yang lebih banyak lagi.

Acara di hadiri oleh kabid Peternakan ir. ABD Haris ME, kasi beserta stap dinas peternakan Propinsi Jambi, dari kementrian pertanian diwakili pak hermawan susanto, dari dinas peternakan kabupaten bungo beaerta stap, ppl, penyuluh , tim keswan , pak kades dan yang menjadi peserta Bimtek adalah pengurus beserta anggota kelompok tani mekar jaya Selain itu peserta juga diharapkan dapat menjadi agen penyebar informasi di kelompok tani nya masing – masing.

Instruktur Bimbingan Teknis/Pemateri Pembuatan Pupuk Organik, Kompos berasal dari Bandung yaitu Uus Permana Ketua Kelompok Taruna Mukti Tangguh Mandiri, selain materi berupa teori, dilakukan juga praktek cara pembuatan Pupuk Organik. Peserta diajak untuk secara langsung mempraktekan cara pembuatan pupuk organik yang telah disampaikan oleh Pemateri.

Materi yang kedua yaitu:

• Memberikan informasi mengenai dampak penggunaan pestisida/kimiawi.

• Memperkenalkan pestisida nabati

• Pembuatan pestisida sederhana untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman pertanian.

Bimbingan Teknis Pembuatan Pupuk Organik/Kompos/berlangsung dua hari dan ditutup oleh bapak kabid peternakan Propinsi Jambi mewakili bapak kepala dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Peternakan yg tidak bisa hadir, serta menyampaikan harapannya agar peserta bimtek segera mempraktekan ilmu atau teori yang diperoleh di masing – masing kelompok atau wilayah dan terkhususnya untuk kelompok Mekar Jaya agar dapat go ekspor utk pupuk organiknya,” tutupnya (Red)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA