BerandaBeritaHasilkan 45 Kantong Darah, Karang Taruna Parakan 08, Gelar Donor Darah

Hasilkan 45 Kantong Darah, Karang Taruna Parakan 08, Gelar Donor Darah

TRISULA.ORG

Tangerang Selatan ~ Dalam rangka membangun dan kepedulian sesama, Karang Taruna Parakan 08 bekerjasama dengan PMI Tangerang Selatan, melaksanakan kegiatan donor darah di Halaman Mushola Baabusalam RT 002/008, Kp Parakan, Kel Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Minggu (24/01/2021).

Syaiful Ketua Karang Taruna Parakan 08 didampingi anggotanya Saidi, mengatakan, kegiatan ini adalah rasa bentuk peduli kami terhadap sesama terutama yang membutuhkan darah dan turut menjaga ketersediaan stok darah PMI Tangerang Selatan.

“Dengan kegiatan ini kami berharap bisa membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang Selatan dalam memenuhi ketersediaan stock darah”. katanya.

Syaiful menambahkan, kegiatan donor darah yang kami laksanakan, sudah menjadi kegiatan rutin, dan hari ini merupakan yang ketiga kalinya sejak berdirinya karang taruna Parakan 08 setahun lalu.

“Saya melihat antusias masyarakat di sini sangat bersemangat sekali untuk mendonorkan darahnya,” tambahnya.

“Donor darah ini sangat bermanfaat, selain kegiatan sosial dan rasa kepedulian sesama, terhadap pendonor juga mendapatkan manfaat yang sangat besar.” ujarnya.

“Kalau rutin mendonorkan darahnya akan memberikan dampak positif kepada pendonor seperti menurunkan kekentalan darah, menurunkan resiko kanker, dan juga menurunkan berat badan,” ucapnya.

Dijelaskan Syaiful, disetiap pelaksanaan donor darah, kami selalu berpindah tempat ke Rt lain secara bergantian, dengan tujuan untuk lebih menjalin silaturahmi dan menjaga komunikasi dengan warga.

Selain itu, pelaksanaan donor darah, kata Syaiful, para pengurus bersama anggota Karang Taruna Parakan 08 tetap mengingatkan dan mengimbau para pendonor, pentingnya menjalankan protokol kesehatan yaitu 3M.

“Setiap pendonor, kita wajibkan memakai masker, mencuci tangan ditempat yang sudah dipersiapkan, menjaga jarak. Hal ini penting disampaikan untuk mencegah dan memutus matarantai penyebaran Covid-19 .”ujarnya.

“Karang Taruna Parakan 08 harus menjadi garda terdepan termasuk dalam penanggulangan percepatan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. Kita harapkan wabah covid-19 segera cepat berakhir,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua RT 02 Mulyasin, kepada media menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan pengurus dan anggota
Karang Taruna Parakan 08 yang memiliki tingkat kepedulian sosial kepada warga dilingkungannya.

“Sejak keberadaan Karang Taruna Parakan 08 setahun lalu, para generasi muda ini bukan hanya menjalankan program donor darah saja, tetapi kegiatan sosial lain juga dijalankan seperti penyemprotan (Fogging) DBD, kerja bakti bersih lingkungan dan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Ini perlu kita dukung penuh karena mereka melaksanakan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian sesama,”jelasnya.

Selain itu, kata Mulyasin, perlunya Karang Taruna Parakan 08 melakukan peningkatan kegiatan dibidang lainnya seperti ekonomi kerakyatan.

“Contohnya, seperti menggalang program UMKM untuk membantu pergerakan perekonomian warga dilingkungannya berlebih ditengah dampak Covid-19. Ini perlu dilakukan mengingat dampak wabah Covid-19 ini, banyak warga yang dirumahkan. Melalui program UMKM, akan dapat diberdayakan warga kita guna menopang ekonominya,”terangnya.

Hadir dalam kegiatan sosial, Ketua RW 08 Saman Ridwan, Binamas Polsek Pamulang, Pembina KT Parakan 08 Noerhadi Bahrudin, Ketua RT 02 Mulyasin, Ketua RT 01 Supardi, Ketua RT. 04 Ustadih, Ketua RT 03 Hasan alias Okem, tokoh agama Ust Anda Suhanda, dan para pendonor dari lingkungan sekitarnya.

Pantauan dilokasi, dari 58 pendonor yang mendaftar, dihasilkan 45 kantong darah, sedangkan 13 pendonor setelah diperiksa tim medis PMI Tangsel, tidak bisa mendonorkan darahnya.

Syarif/vr

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA