BerandaBeritaGus Albarra Wakil Bupati Berangkatkan Zakat Fitrah Korpri Baznas Mojokerto.

Gus Albarra Wakil Bupati Berangkatkan Zakat Fitrah Korpri Baznas Mojokerto.

 

TRISULA.ORG|Mojokerto ~ Wakil Bupati Mojokerto H. Muhammad Albarra, Lc., M.Hum yang biasa dipanggil gus Barra, memberangkatkan pendistribusian zakat Fitrah Korpri kabupaten Mojokerto yang telah dihimpin oleh Baznas ( Badan amil zakat nasional) Kabupaten Mojokerto.

Sebanyak 3.388 paket zakat @ 3 kg beras dibagikan kepada fakir miskin merata setiap desa sebanyak 304 desa dan kelurahan dari 18 kecamatan yang ada di kabupaten Mojokerto. Setiap kecamatan telah menyiapkan mobil pick up, bison, avanza dll. untuk pendistribusian zakat fithrah tersebut.

” Bismillahirrahmanirrahim satu, dua, tiga berangkat ” teriak gus Barra sambil mengibarkan bendera saat memberangkatkan pendistribusian zakat fitrah Korpri Kabupaten Mojokerto.

Sejurus kemudian berbagai mobil pembawa zakat Fitrah Korpri berturut-turut berangkat menuju ke kecamatan masing-masing lewat didepan Wabub Mojokerto yang didampingi para pengurus Baznas.

Momen pemberangkatan zakat fithrah tersebut terjadi pada hari Senin, tanggal 10 Mei 2021 jam 10.00 Wib. di depan Pendopo Graha Maja Tama pemerintah kabupaten Mojokerto jalan Ahmad Yani No. 16 Mojokerto.

Dalam laporannya H. Sholikhin, M.Pd.I Ketua Baznas Kabupaten Mojokerto mengatakan : ” Baznas kabupaten Mojokerto bulan Ramadhan 1442 H/2021 M berhasil mengumpulkan zakat Fithrah senilai Rp. 97.330.000,- dari 88.000 anggota Korpri muslim. Baznas juga berhasil mengumpulkan infak dan sadaqoh Korpri senilai Rp. 49.237.000,-. Total terkumpul zakat, infak dan shadaqah sebesar Rp. 146.567.000,- “.

H. Sholikhin menegaskan bahwa kegiatan Pendistribusian Zakat Fithrah Korpri oleh Baznas kabupaten Mojokerto adalah satu diantara rangkaian kegiatan Baznas Ramadhan Tahun 1442 H atau 2021 M.

Kegiatan Baznas tahun 1442 H ini bernama dan berbentuk ” Penghimpunan dan pendisrribusian zakat Fithrah dan gerakan infak Ramadhan 1442 H bersama Korpri dan Baznas “.

Adapun tema kegiatan adalah ” Gerakan sadar zakat tahun 2021 bersama Baznas mengurangi beban kesulitan , kemiskinan pangan dan dampak negatif musibah pandemi Covid-19 “, masih kata Sholikhin ketua Baznas kabupaten Mojokerto.

” Mari kita bersyukur kepada Allah Swt, walaupun dalam kondisi menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan dalam situasi pandemi cocid-19 . Kita masih bisa beraktivitas melaksakan tugas-tugas kita yang harus kita jalankan dengan sebaik-baiknya. Tentu saja harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditentukan “, kata Gus Barra mengawali sambutannya mewakili Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

” Zakat meruapakan rukun Islam yang ketiga yang wajib dikerjakan oleh setiap Muslim. Di dalam Al-Qur’an juga disebutkan juga “khudz min amwalihim shadaqatan tuthohhiruhum watuzakkihim biha washalli alaihi ” (Ambillah zakat dari harta mereka untuk membersihkan dan mensucikan mereka. Dan berdoalah untuk mereka. Surat At-Taubah ayat 113) “, lanjut Gus Barra.

” Terima kasih saya sampaikan kepada ketua dan pengurus Baznas Kabupaten Mojokerto yang telah bekerja keras menghimpun dan mendiatribusikan zakat, infak dan shadaqah Korpri. Juga saya sampaikan terima kasih pula kepada para anggota Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) yang telah membayarkan zakatnya melalui Baznas “, sambung Wakil Bupati Mojokerto.

” Pemerintah Kabupaten Mojokerto mendorong agar pengumpulan zakat nantinya berkembang menjadi lebih besar lagi. Tentu saja semua elemen masyarakat harus bekerja sama, bersinergi dengan Baznas, BUMD, OPD dan Ormas Keagamaan “, sambung Gus Barra lagi.

” Berapa waktu yang lalu saya bersama para anggota DPRD kabupaten Mojokerto mendengar dari Baznas Lombok Utara. Bahwa mereka berhasil menghimpun zakat sebesar Rp. 15 Milyar. Ini bisa menjadi contoh yang baik bagi Baznas di kabupaten Mojokerto. Dengan demikian maka zakat nantinya bisa menurunkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Mojokerto yang saat ini lagi naik dari 8 % sekian menjadi 9 % sekian “, ujar gus Barra mengakhiri sambutannya.(har)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA