BerandaLembagaGNH soroti Oknum Pengusaha Kopi yang buang Limbah dengan sengaja ke Sungai.

GNH soroti Oknum Pengusaha Kopi yang buang Limbah dengan sengaja ke Sungai.

Trisula.Org

Bandung -Gerakan Nusantara Hijau (GNH) mensikapi warga daerah Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung yang sadis membuang limbah kulit kopi ke sungai-sungai yang ada di wilayah Cihejo, aduan dilengkapi dokumentasi dan laporan itu di paparkan oleh Zama Ruslan sebagai warga Giri mulya yang merangkap sebagai PDL Gerakan Nusantara Hijau.

“Kami akan segera memberi himbauan untuk tidak membuang limbah kopi ke sungai karena jika dibiarkan akan merusak lingkungan dan matinya biota sungai,” kata Wawan Jabon (Ketum GNH) Selasa (23/02/2021).

Larangan membuang limbah kopi dan jenis sampah lainnya ke sungai dalam berbagai kecamatan di daerah itu akan dibuat edukasi dan somasi bentuk lisan dan tulisan kepada masing-masing oknum pengusaha, tengkulak atau bandar penampung kopi tambah Jajang selaku ketua Distrik GNH Kabupaten Bandung.

Untuk memastikan kondisi ini pihaknya akan menggandeng Dinas Lingkungan hidup Propinsi dan Kabupaten guna mengecek kondisi sungai yang tercemari serta mengunjungi keberadaan usaha penggilingan kopi yang dengan sengaja membuang limbahnya ke sungai.

Keberadaan usaha penggilingan kopi yang membuang kulit kopi ke sungai telah memberikan dampak negatif bagi lingkungan.

Jika lingkungan ini kotor nantinya akan mencemari sungai dan mengurangi keindahan wilayah. GNH akan menindak pengusaha yang terbukti membuang limbah kopi ke sungai dengan mencabut izin usahanya, apalagi yang tidak berizin.

Kendati demikian ia masih akan mencarikan solusi terlebih dahulu agar limbah kopi nantinya tidak dibuang ke sungai dan bisa dimanfaatkan dengan melibatkan Pemberdayaan dan lembaga mitra untuk mengolah limbah kopi menjadi bahan pupuk organik.” Pungkas Wawan.

Kami akan mengupayakan agar Pemkab Bandung bisa bekerjasama dengan GNH dan lingkungan hidup, sehingga limbah kopi ini bisa dimanfaatkan dan tidak lagi dibuang warga ke sungai,” ujarnya.

(Red)

 

 

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA