BerandaDaerahGNH Distrik Garsel menyelenggarakan sarasehan Program Trisula Deposit Energi

GNH Distrik Garsel menyelenggarakan sarasehan Program Trisula Deposit Energi

Trisula.org |Garut Selatan

GNH Distrik Garut Selatan bekerja sama dengan DPP GNH menyelenggarakan sarasehan Program Trisula Deposit Energi sebagai wujud kepedulian untuk Kelestarian lingkungan di Kecamatan Cibalong Kab.Garut dengan Motto Hijau untuk kemakmuran rakyat. Acara berlangsung sehari di Ponpes Safinatul Faizin Fauzan ll, Desa Najaten Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut, Rabu (10/02/2021).

Ceng Popo Ketua Distrik GNH Garut selatan, dalam sambutannya mengajak semua lapisan agar terlibat dalam kegiatan kemanusiaan untuk lingkungan di wilayahnya dengan Program Trisula deposit energi agar adanya sinergi yang baik antara GNH dan Pemerintahan diwilayah Cibalong untuk bekerja sama dan sama-sama kerja dengan melibatkan PDL GNH dan Mitra Tani dari GNH, sehingga acara menjadi kebaikan yang nyata ditengah Pandemi Covid-19.

“Tentu saja kami mengapresiasi dan menyambut baik. Semua yang hadir dan berpartisipasi untuk mensukseskan Program Swasembada Pohon GNH dalam program kerja Trisula Deposit Energi untuk meningkatkan upaya penananam Pohon dan memaksimalkan pemanfaatan lahan agar produktif.

Disampaikan lebih lanjut oleh Yayat selaku sekretaris GNH Distrik Garut Selatan acara sarasehan diawali dengan Doa dan mengaji di lengkapi simulasi dan pengenalan Program TDE oleh Ketua Umum GNH beserta Jajaran.

Kemudian disampaikan laporan oleh ketua panitia penyelenggara Aripin dan Lukman selaku Bendahara. Selanjutnya penyampaian materi oleh sejumlah nara sumber, yaitu Kadiv Pemberdayaan GNH Uus Permana.

Peserta terdiri dari perwakilan Petani Mitra GNH, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, Camat dan Polsek dilengkapi Para Kepala Desa beserta Apdesi dan pemerhati Lingkungan.

Di tempat yang sama, Wawan setiawan Ketua Umum GNH dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa terselenggarannya kegiatan itu merupakan upaya untuk mengantisipasi fenomena krsisis Mitigasi Bencana yang terjadi di Indonesia.

“Negara kita sedang mengalami sejumlah krisis, diantaranya krisis jati diri, krisis kepercayaan dan krisis ketauladanan. Sehingga melalui acara ini diharapkan bisa menjadi spirit yang bisa menangkis krisis itu dan menmbuhkan jati diri sebagai Bangsa Indonesia seutuhnya yang peduli dan cinta terhadap lingkungan dan Alam,” jelasnya.

Ia mengaku prihatin, jika generasi sekarang sudah lupa atau tidak peduli terhadap Kelestarian Alam sehingga dengan acara tersebut sehingga menginspirasi semua pihak bahwa Tanpa Petani Negara makan apa? dan tapa Alam tidak akan ada kehidupan lagi.

Pada Session ke dua diisi narasumber Uus Permana dari Kadiv Pemberdayaan GNH dengan materi kearifan lokal membangun kebersamaan dalam keberagaman, untuk dapat memanfaatkan Limbah kotoran sapi agar menjadi pupuk organik yang berkualtas dalam percepatan sebagai sarana penunjang Trisula Deposit Energi.

“Kearifan Petani sebagai Penjaga tatanan Negara Indonesia, bisa menjadi pembelajaran budi pekerti yang baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, kejujujurannya patut dicontoh dan ditiru dalam kehidupan sehari-hari ” kata Uus.

Menurut Martin sebagai Dir Advokasi GNH, kegiatan tersebut sejalan dengan fokus pemerintah yang akan merehabilitasi lingkungan. “Dan implementasinya harus nyata dimulai dengan serius,” kata Martin.

Camat Cibalong mengatakan, pemulihan lingkungan harus dilakukan sebagai upaya pembangunan yang akan dikerjakan pemerintah ke depan, yaitu membangun green economy dan green product,”tutupnya.

(Martin Trisula)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA