BerandaBeritaDukcapil Kota Tangsel Menuju ZIP Administrasi Kependudukan

Dukcapil Kota Tangsel Menuju ZIP Administrasi Kependudukan

TRISULA.ORG

Tangerang Selatan, Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat Kota Tangerang Selatan, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Ducapil) Kota Tangerang Selatan melakukan langkah strategis sekaligus memberikan Edukasi Dan Sosialisasi kepada masyarakat luas.

Seperti dijelaskan Ucok Siagian, Sekretaris Dinas Ducapil) Kota Tangerang Selatan, Selasa (09/02/2021) kepada media, bahwa sosialisasi yang diberikan terkait Undang – Undang No.24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

“Langkah ini merupakan bagian dari langkah dan proses menuju Zona Integritas Pelayanan Administrasi Kependudukan Yang Bebas Dari Pungutan Liar (Pungli). Memang bukan hal yang baru keterkaitan pelayanan dengan adanya Pungutan Liar (“PUNGLI”). “Jelasnya.

Dikatakan Ucok, antisipasi yang dilakukan Dukcapil Kota Tangerang Selatan selama ini sudah melakukan terobosan – terobosan untuk mempersempit ruang gerak Pungutan liar.

Melalui inovasi Pelayanan Online, Offline dan Ojol, semakin mempermudah masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan, dengan memberikan pelayanan sesuai Motto “Sepenuh Hati Dan Hati-Hati”.” Jelasnya.

Dengan penempatan Petugas Pelayanan Kependudukan di setiap kelurahan dan kecamatan, Ducapil Tangsel juga membuka Gerai Pelayanan Kependudukan di Pusat Pertokoan/Mall di wilayah Tangerang Selatan.

Karena itu, kataUcok Siagian, mengawali tahun 2021, ditengah situasi pandemik COVID- 19, Disdukcapil Tangerang Selatan tetap konsisten menjaga komitmen.

Intinya, tegas Ucok Siagian, memberikan pelayanan sepenuh hati, dengan melayani masyarakat lebih optimal dan prima.

“Kami sangat apresiasi kepada teman-teman seluruh operator, dengan konsisten dan berkomitmen memberikan pelayanan kepada warga masyarakat secara tulus,”ungkapnya.

Ditambahkannya, mewakili pimpinan, saya lebih menguatkan melalui pembinaan khususnya kepada petugas kami, dengan tujuan menjaga integritas dalam melayani Administrasi Kependudukan kepada masyarakat.

“Semoga langkah awal komitmen ini dapat terjaga dan berkelanjutan. Kepuasan masyarakat adalah ibadah dan kita semua adalah pelayan masyarakat. Dengan komitmen bersama, Insya Allah terwujud apa yang kita harapkan Zona Integritas dapat tercapai.”Pungkasnya.

Sementara itu, Tri Yana ibu muda yang ditemui media, yang sedang mengurus perpindahannya dari daerah Jawa ke Kota Tangerang Selatan menyampaikan, sekarang, lebih baik mengurus sendiri karena prosesnya tidak ribet mas.

“Jujur sudah ada peningkatan dan ini yang diharapkan masyarakat terlebih kita awam dalam hal pengurusan kependudukan.” Ungkapnya.

Awalnya sih..ragu – ragu, pasti ribet ngurus nya, saya khan kurang paham, tetapi saat mendatangi kantor Ducapil, petugas langsung melayani dengan baik dan sopan. Kita diberi arahan dan penjelasan tata cara dan syarat kelengkapan data kita.

“Apalagi udah dibuka juga tuh, gerai ducapil dibeberapa tempat, ini lebih memudahkan warga untuk mendapat tingkat pelayanan yang lebih cepat informasi yang tidak kita ketahui,” katanya.

“Alhamdulillah mas…..ternyata enggak sulit, dan semua proses yang saya jalani gratis mas. Yang penting kita mau menjalani prosedur atau tahapan yang sudah ada. Sekarangkan sudah digital dan semua masyarakat dapat mengakses aplikasinya. Dengan sistim ini semakin mempermudah kita untuk mengetahui apa yang menjadi persyaratan yang dibutuhkan. “Tuturnya.

Pokoknya saya puas mas….sekarang saya udah resmi memiliki e-KTP menjadi warga Tangerang Selatan. Tidak butuhkan waktu lama mas….yang penting kelengkapan persyaratan, Insya Allah semua berjalan dengan lancar. Terimakasih ducapil Tangsel semoga kedepan semakin terus ditingkatkan pelayanan kependudukan,” imbuhnya. ( Syarif/vr)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA