BerandaBeritaDanrem 062/TN Dampingi Pangdam III/SLW Melaksanakan Tanam Jagung

Danrem 062/TN Dampingi Pangdam III/SLW Melaksanakan Tanam Jagung

TRISULA.ORG

Cimalaka Sumedang ~ Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto,S.I.P., M.M.,Q.I.A., didampingi Danrem 062 /Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin,S.Sos menghadiri prosesi penanaman bibit jagung hibrida yang bekerjasama antara Pemda Kab. Sumedang dengan Kodim 0610/Sumedang di Desa Naluk Kec. Cimalaka Kab. Sumedang Sabtu 30/01/2021

Kedatangan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M.,Q.I.A didampingi Danrem 062/Tn beserta rombongan di sambut oleh Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa, ST., MM dan FKPD Kabupaten Sumedang.

Kegiatan diawali sambutan Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Bapak Pangdam III/Siliwangi, tentunya merupakan sebuah kehormatan dan motivasi tersendiri bagi kami pemerintah daerah Sumedang, dalam menyelenggarakan pemerintahan melaksanakan pembangunan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Juga mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang telah ikutserta pada kegiatan ini. mudah-mudahan menjadi bagian amal ibadah kita di sisi Alloh Subhanahu Wa ta’ala.

Tentunya saya bersyukur dan berbahagia serta bangga bisa memulai penanaman jagung hibrida di lahan bios 44 bersamà Bapak Pangdam, kami menanam jagung hibrida ini merupakan sebuah inovasi dan percobaan yang setidaknya akan meningkatkan ketahanan pangan kita sendiri daerah agraris, agrobisnis juga mata pencaharian petani kita kembangkan, tidak hanya akan meningkatkan ketahanan pangan dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dalam hal ini komoditas jagung. Mudah-mudahan bisa menanam jagung khususnya di saat musim hujan, saya yakin akan membawa manfaat untuk kemajuan dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan di tingkat nasional.

Selanjutnya, Sambutan Pangdam III/Siliwangi menyampaikan tak kurang suatu apapun dalam rangka kita menghadiri kegiatan penanaman jagung dengan menggunakan bios 44 ini. Bangsa Indonesia mempunyai komitmen yang tinggi terhadap pembangunan ketahanan pangan komitmen tersebut dituangkan dalam undang-undang nomor 7 tahun 1996 tentang pangan yang mengamanatkan agar pemerintah bersama masyarakat mewujudkan ketahanan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dalam jumlah maupun mutunya yang aman merata dan terjangkau bagi masyarakat khususnya di wilayah kabupaten Sumedang.

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mendukung ketahanan pangan perlu pemanfaatan bahan pangan lokal seperti jagung yang merupakan salah satu sumber pangan potensial, yang dapat dikembangkan dalam diversifikasi pangan dalam mendukung ketahanan pangan lokal maupun nasional, sementara itu wilayah Kecamatan Cimalaka ini masih terbentang luas lahan pertanian yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian salah satunya tanaman jagung.

Untuk itu, saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas terselenggaranya kegiatan penanaman jagung dengan bios 44 ini, yang merupakan bahan Fermentasi yang dapat mempercepat proses pembusukan organik lahan sekaligus meningkatkan PH tanah menjadi normal. Sehingga diharapkan hasilnya akan meningkat, mudah-mudahan ini bisa terus dikembangkan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat desa. Di sisi lainnya jagung juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, karena kandungan nutrisinya yaitu dapat menurunkan hipertensi sehingga dapat mencegah penyakit jantung, jagung dapat mengontrol diabetes memperlancar pencernaan mencegah sembelit dan wasir karena jagung kaya akan serat bahkan dapat menurunkan risiko kanker, agar tetap sehat dalam mengendalikan kadar kolesterol sangat banyak sekali manfaatnya jagung.

sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati, Kapolres, Danrem dan Dandim atas kerjasamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan apa yang kita kerjakan.

Penanaman jagung hibrida ( masa panen 90-100 hari seluas lahan 1 hektar tanah milik lahan Pemda Kab. Sumedang.

Diakhir acara penyerahan sembako oleh Pangdam III/Siliwangi dan Bupati Sumedang kepada masyarakat penggarap lahan pertanian.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Asintel Kasdam III/SLW, Asops Kasdam III/SLW Aspers Kasdam III/SLW, Aster Kasdam III/SLW, Kapendam III/SLW, Danpomdam III/SLW, Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi, Dandim 0610/Sumedang, Dandenpom 3/2 Garut, Danyonif R 301/PKS, Kapolres Sumedang, Bupati Sumedang, SKPD terkait dan tokoh masyarakat,(Penrem 062/Tn).*NS

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA