BerandaBeritaBersiap Banten Sudah Punya Perda Khusus Tentang Penanggulangan Covid -19

Bersiap Banten Sudah Punya Perda Khusus Tentang Penanggulangan Covid -19

TRISULA.ORG

BANTEN ~ Yang ditunggu – tunggu akhirnya usai sudah. Pada Kamis (28/01/2021) kemarin, bertempat di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang. Perda tentang Penanggulangan Covid -19 disahkan oleh DPRD Banten.

Perda yang dibuat, salah satunya berisi tentang sanksi tegas bagi para pelanggar protokol kesehatan.
Perda ini jadi usul Pemprov untuk penanggulangan Corona saat ini.

Dan pada akhirnya setiap anggota DPRD baik yang hadir secara virtual dan di ruangan sidang DPRD Banten menyetujui disahkannya Perda Corona tersebut.

Menurut Wakil Gubernur Banten Andhika Hazrumy,”Perda ini jadi dasar hukum melakukan perencanaan pencegahan dan penegakan hukum untuk peningkatan protokol kesehatan sekaligus upaya memutus rantai Corona di wilayah Provinsi Banten,” tegasnya (29/01/2021)

Menurutnya,”Di Pasal 17 disebutkan bahwa sanksi administratif bisa berupa denda paling sedikit Rp 300 ribu dan paling banyak Rp 3 juta, dan Pelaksanaan Perda akan dilaksanakan oleh Satpol PP wilayah masing – masing,”jelasnya

Di Perda tersebut, dijelaskan juga, bahwa setiap orang yang melanggar Perda bisa langsung dikenakan sanksi Administratif, bisa berupa teguran dan kerja sosial.

Selain itu Wakil Gubernur Banten juga meminta para pelaku usaha atau pengelola fasilitas umum untuk juga harus menyediakan sarana protokol kesehatan dan bagi yang melanggar bisa diberikan sanksi tegas,”paparnya

Andhika, menyebutkan bahwa pada saat ini okupansi tempat tidur sejumlah RS rujukan saat ini sudah 90 persen ke atas. Kondisi ini sangatlah memprihatinkan dan dengan adanya Perda tersebut, diharapkan bisa menjadi aturan bersama bagi masyarakat, pelaku usaha dan kita semua untuk selalu bersinergi menjalankan protokol kesehatan tersebut, “pungkasnya.(Ari Ariyanto)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA POPULER

AKURAT & TERPERCAYA